Selasa, 14 Februari 2012

PENATAAN TANAMAN DI DEPAN RUMAH


Halaman tertata
Variasi tanaman
Salah satu hal yang perlu ditunjukkan dari kegiatan PTP dan HATINYA PKK adalah huruf ‘T’, yaitu tertata. Beberapa waktu lalu kami mengunjungi rumah salah satu warga dusun Tawang 4. Beliau akrab dipanggil dengan Mbak Aning. Mbak Aning memiliki tanah pekarangan yang sangat tertata dan elok dipandang dari depan rumah. Tanaman yang sangat mencolok adalah tanaman morotamu, tanaman buah naga, andong merah, kaktus, palma, lomponh, lidah mertua yang rimbun, dan berbagai tanaman hias lainnya. Juga ada beberapa kebun gizi seperti terong ungu, cabai, ketela pohong, dll. Semuanya sudah tertata dengan rapi.
Pekarangan Mbak Ning menjadi percontohan bagi warga dusun lainnya agar dapat menata tanaman di halaman rumah dengan rapi.


Tanah yang di-bedeng-bedeng

          Sedangkan untuk pekarangan yang luas juga ada kalanya perlu dilakukan bedeng-bedeng, yaitu pengolahan lahan dengan dibuat blok-blok sesuai dengan jenis tanamannya. Agar kebun gizi terlihat indah dan menarik. Tempo hari kami ikut menanam cabai dan terong untuk memberi percontohan kepada warga tentang cara pengolahan tanah baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar