Sabtu, 04 Februari 2012

Sebuah Lagu

Yen ing tawang ana lintang, cah ayu
aku ngenteni tekamu
marang mega ing angkasa
ingsun takokke pawartamu

Penggalan lagu yang diciptakan oleh Andjar Any, musisi kelahiran Ponorogo yang hobi menciptakan novel, cerito cekak Jawa, puisi, geguritan, dan juga dikenal sebagai wartawan sangat terkenal di tahun 60-an. Yang bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia kurang lebih sebagai berikut:



Kalau di langit ada bintang,wahai cantik
aku menanti hadirmu
kepada awan di langit
Aku menanyakan kabarmu


Entah apapun maksud dari lirik lagu ini, apakah dinyanyikan oleh seorang penyanyi yang menantikan gadisnya, atau seorang bapak yang menanti anaknya yang biasanya mengganti lirik 'cah ayu' menjadi 'cah bagus', tapi di sini kita menyanyikannya untuk Desa Tawang. Desa Tawang adalah sebuah desa di Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang tempat kita melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Desa yang terletak di ujung Kabupaten Semarang ini (karena berbatasan dengan wilayah Boyolali) ternyata memiliki potensi tersendiri yang kita pikir di atas normal (kalau Ariel bilang), atau di atas kemampuan yang dimiliki desa-desa sekitarnya. Saat kita datang, ternyata desa ini diberikan amanat oleh pemerintah propinsi untuk mewakili Jawa Tengah dalam lomba PTP (Pemanfaatan Tanah Pekarangan) tingkat nasional. Hal ini karena sebagian besar warganya telah memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan baik sehingga memiliki ketahanan pangan tinggi.
Dalam satu propinsi memiliki 35 kabupaten, dalam satu kabupaten bisa memiliki belasan kecamatan, dalam satu kecamatan dapat juga memiliki puluhan desa. Jadi sangat luar biasa karena Desa Tawang bisa menyisihkan ratusan desa dari seluruh Propinsi Jawa Tengah. Bukan sombong sih, tapi kita hanya bilang apa adanya, hehe. Jadi mohon doanya saja agar Desa Tawang bisa menang, HORE!!!
 

1 komentar:

  1. Semoga saja....
    terutama buat aku yang berada di wilayah daerah itu....

    BalasHapus