Kamis, 02 Februari 2012

PETA DESA

      Desa Tawang memiliki 11 dusun dengan masing-masing dusun memiliki potensi UKM yang berbeda-beda. Dusun-dusun yang ada di pinggiran desa Tawang adalah Onto-onto, Dilem, Ledok, Glagah Ombo, Ngebuk, dan Gondang. Sedangkan yang berada di tengah adalah dusun Tawang 1, 2, 3, 4, dan dusun Langon.
           Desa Tawang adalah desa yang terletak di bagian ujung dari Semarang, sehingga berbatasan langsung dengan wilayah Boyolali dan Solo. Sebagian masyarakat produktif lebih memilih belajar dan bekerja di Solo daripada di Semarang, karena jarak dari desa Tawang menuju Solo hanya sekitar 45 menit perjalanan motor (bandingkan dengan jarak ke Kota Semarang yang bisa mencapai 2 jam).
           Desa Tawang berjalan menjadi desa mandiri pangan dan telah memenangkan lomba PTP tingkat propinsi. Propinsi Jawa Tengah memiliki 35 kabupaten. Satu kabupaten bisa memiliki puluhan kecamatan, dan satu kecamatan bisa memiliki puluhan desa juga. Sehingga ringkasnya, desa Tawang telah mengalahkan ratusan desa di Propinsi Jawa Tengah, sekaligus mewakili propinsi maju lomba PTP tingkat nasional. Ini semua dikarenakan kegigihan warga dalam memanfaatkan tanah pekarangannya, berikut juga perjuangan perangkat desa dalam membangkitkan semangat warga untuk terus mengembangkan desa.

1 komentar: